Asal Mula Perhiasan Anting Emas Digunakan di Dunia

By | August 25, 2020

Asal Mula Perhiasan Anting Emas Digunakan di Dunia

Di setiap toko perhiasan emas, perhiasan anting emas merupakan salah satu jenis perhiasan yang banyak dicari, terutama oleh kaum wanita. Sebagai perhiasan anting memang sangat bagus untuk menunjang penampilan. 

Orang – orang yang mengenakan anting akan terlihat lebih trendi dan juga mewah saat mengenakannya, apalagi jika anting yang digunakan terbaut dari emas asli. Bisa dibilang bahwa anting merupakan perhiasan yang paling mudah dilihat, karena letaknya bas berada di samping wajah. 

Perhiasan kalung akan terlihat jika ditaruh di luar pakaian, dan perhiasan cincin dan gelang jarang jadi fokus utama banyak orang. Buat Anda ingin memperlihatkan keindahan perhiasan Anda, maka anting merupakan yang paling tepat.

Saat ini kaum pria juga sudah banyak yang mengenakan anting emas, dan tentu saja keindahan yang ditampilkannya sangat menawan. Sebenarnya penggunaan anting emas sebagai perhiasan sudah digunakan sejak zaman dahulu kala. Pada artikel ini kami akan merangkum untuk Anda, tentang asal mula anting emas digunakan sebagai perhiasan di dunia.

Sejarah Penggunaan Perhiasan Anting Emas

Menurut kabarnya anting emas sudah digunakan sebagai aksesoris di badan sejak 5000 tahun silam. Pendapat ini didasarkan pada gambar atau lukisan dinding bangsa Persia di Persepolis. Pada lukisan dinding tersebut tampak orang – orang, khususnya tentara kerajaan Persia yang sudah mengenakan anting di telinga.

Menurut para ahli, anting tersebut pada masa kekaisaran Persia fungsinya bukan hanya sebagai perhiasan tetapi juga digunakan sebagai penunjuk status sosial dan juga penunjuk profesi mereka. Oleh karena itu anting emas tersebut bukan hanya digunakan oleh kaum perempuan tetapi juga digunakan oleh kaum laki – laki.

Sekitar tahun 2000 SM, tepatnya di Yunani penggunaan perhiasan anting emas didominasi oleh kaum perempuan. Tujuan penggunaan anting tersebut adalah untuk mempercantik diri, pada kebanyakan anting emas tersebut digunakan oleh putri bangsawan atau orang – orang kaya. 

Sejak zaman dahulu emas sudah dipandang sebagai salah satu perhiasan yang paling bernilai. Di Eropa secara khusus penggunaan anting emas sebagai perhiasan sebenarnya mengalami naik turun. Pada abad ke-17 misalnya, anting emas tidak lagi populer, sehingga banyak toko perhiasan emas yang tidak menjual anting. 

Salah satu alasannya karena saat itu sedang populer mode rambut yang menutupi telinga, sehingga jika ada anting yang dikenakan maka anting tersebut akan tertutupi.

Penggunaan Perhiasan Anting Emas Populer di Abad 20

Penggunaan anting kembali populer di Eropa dan berbagai belahan bumi lainnya sejak abad ke-20. Salah satu alasannya karena pada masa tersebut berbagai model anting sudah ditemukan dan juga teknologi tindik juga semakin canggih. Munculnya anting model jepit juga membuat semakin banyak orang yang gemar menggunakan anting emas sebagai perhiasan.

Sejak abad ke-20 para pria juga mulai mengenakan anting emas. Hal ini dipengaruhi juga oleh banyaknya musisi rock yang menggunakan anting sebagai perhiasan. Penggunaan perhiasan anting emas saat itu dipandang memberikan kesan gagah pada pria, dan kesan tersebut masih berlanjut hingga saat ini. 

Di Indonesia secara khusus anting sebagai perhiasan sudah banyak digunakan sejak jaman dahulu. Bahkan suku – suku di Indonesia yang menggunakan anting sebagai aksesoris kebudayaan, termasuk juga anting emas. Saat ini kebanyakan anting digunakan oleh orang Indonesia sebagai penjuang penampilan saja.

Secara umum memang kaum wanita yang mengenakan anting di Indonesia, dan ada juga beberapa pria yang mengekannya. Saat Anda berkunjung ke toko perhiasan emas misalnya Anda akan menemukan berbagai jenis perhiasan anting emas baik untuk wanita dan juga pria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *